Kategori
NEWS

‘Breaking News’ untuk Berita Terhangat yang di Uji Coba Facebook

‘Breaking News’ untuk Berita Terhangat yang di Uji Coba Facebook

‘Breaking News’ untuk Berita Terhangat yang di Uji Coba Facebook – Berita sela (bahasa Inggris: breaking news), juga dikenal sebagai laporan khusus atau buletin berita, adalah masalah saat ini yang penyiar merasa perlu menyela jadwal pemrograman dan/atau berita saat itu untuk melaporkan rinciannya. Penggunaannya juga diterapkan pada cerita yang paling signifikan pada momen tersebut atau cerita yang sedang diliput secara langsung.

Ini bisa jadi sekadar sebuah cerita yang punya kepentingan luas bagi pemirsa dan memiliki dampak kecil di sisi lain. Sering kali, berita sela digunakan setelah jaringan berita melaporkan cerita ini. Jika cerita belum pernah dilaporkan sebelumnya, grafis dan frasa “baru saja masuk” kadang-kadang digunakan sebagai gantinya.

Pada hari Senin, 5 Maret, Facebook mengumumkan bahwa merekaa tengah melakukan perluasan ujicoba untuk label Breaking News pada tautan dan video siaran langsung. Facebook telah menguji label ini sejak akhir tahun kemarin. Hasilnya positif dari pengujian pertama. Kemudian Facebook memperluas ujicoba untuk memasukkan lebih dari 50 media dan publikasi.

Terdapat tambahan label “Breaking News” berwarna merah untuk berita terhangat, bersamaan dengan waktu berapa lama berita tersebut dibagikan. Label ini dimaksudkan untuk mengingatkan pengguna terhadap idnplay poker 99 berita terbaru.

1. Perusahaan media/publikasi diizinkan menggunakan label ‘Breaking News’ sehari sekali
Facebook Uji Coba Label 'Breaking News' untuk Berita Terhangat

Perusahaan media diizinkan untuk menggunakan label ini sekali sehari, meskipun mereka memiliki lima label tambahan untuk digunakan setiap bulannya. Seiring dengan artikel instan, dan tautan web, label juga bisa diterapkan ke video Facebook Live. Facebook akan membiarkan label tersebut tetap berada di tautan hingga enam jam kemudian. Namun pihak publikasi itu sendiri dapat menetapkan batasan waktu untuk penggunaan label dalam rentang tersebut.

2. Prioritas berita lokal lewat ‘Breaking News’ terbukti meningkatkan likes, komen, share, dan klik
Facebook Uji Coba Label 'Breaking News' untuk Berita Terhangat

Facebook mengatakan bahwa pengujian awal telah membawa kenaikan jumlaah share sebesar 11 persen dalam periode kira-kira satu bulan, bersamaan dengan kenaikan 7 persen dalam bentuk like serta lonjakan 4 persen pada komentar dan klik tautan. Pengguna juga dapat melaporkan penyalahgunaan label menggunakan menu drop-down di sudut kanan atas pos.

Facebook mengatakan uji coba tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menampilkan berita berkualitas lebih tinggi. Tujuan lainnya adalah untuk menyediakan waktu pada platform sosial media yang dihabiskan dengan baik seiring dengan memprioritaskan berita lokal.

3. Baru diujicoba di Amerika, Eropa dan Australia
Facebook Uji Coba Label 'Breaking News' untuk Berita Terhangat

Perluasan ini diuji ke sekelompok kecil media di Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan Australia. Selain media yang telah memiliki akses ke tes awal. Washington Post sebagai salah satu dari publikasi yang memiliki akses awal untuk tes label ini sangat antusias untuk berkolaborasi dengan Facebook demi meningkatkan berita di platform mereka.

Fitur ini belum mendapat jaminan untuk diluncurkan secara lebih luas, dan juga di Indonesia meski hasil awal dan perluasan tes di Facebook terlihat menjanjikan untuk label Breaking News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *