Categories
Recreation

Tempat Wisata di Tomohon

Tempat Wisata di Tomohon, Ada Pasar Extreme yang Mendunia

Tempat Wisata di TomohonIndonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan tempat wisata yang sangat indah dan banyak juga yang masih belum terjamah oleh manusia. Tak heran jika wisatawan berkunjung ke Indonesia untuk berlibur dan bersantai untuk menghilangkan penat. 

Nama Tomohon lekat dengan Pasar Extreme yang menjual daging hewan-hewan ekstrem, seperti kelelawar dan ular piton. Meski agak bikin bergidik, keindahan alam dan wisata Tomohon layak untuk dijelajahi.

Kamu bisa menikmati Live22 Slot keindahan pegunungan, air terjun, hingga wisata religi yang menarik. Penasaran di mana saja? Inilah beberapa tempat wisata di Tomohon!

Gunung Lokon

Saat mendaki Gunung Lokon, kamu harus mempersiapkan banyak masker. Pasalnya, bau belerangnya sangat menyengat, sehingga harus melindungi pernapasan dengan masker yang tepat.

Sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat perkebunan sayur dan bunga yang menawan. Ada pula kawah belerang aktif yang akan membuatmu enggan berkedip.

Lokasi: Desa Kayawu, Kecamatan Tomohon Utara, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 24 jam

Harga: seikhlasnya

Bukit Doa

Bukit Doa dengan Kapel Marianya yang berada di ketinggian ini biasanya menjadi jujugan wisata religi untuk umat Kristen. Biasanya juga digunakan sebagai lokasi pemberkatan pernikahan dan foto prewedding.

Ada pula amphiteatre yang bentuknya ala Koloseum, Italia. Biasanya digunakan untuk pertunjukan tari, altar ibadah, hingga workshop. Daya tampungnya mencapai sekitar 1.500 orang.

Lokasi: Desa Kakaskasen Tiga, Kecamatan Tomohon Utara, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 09.00-17.00 WITA

Harga: Rp20 ribu

Air Terjun Tumiperas

Sebelum mencapai lokasi, kamu harus menuruni sekitar 800 anak tangga. Sesampainya di lokasi, kamu akan disambut dengan menawannya air terjun setinggi 52 meter di atas permukaan laut.

Kalau beruntung, bisa melihat warna pelangi yang cantik dari percikan air terjun. Kamu pun bisa mandi di kolam bagian bawah air terjun, lho!

Lokasi: Desa Pinaras, Kecamatan Tomohon Selatan, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 24 jam

Harga: gratis

Pasar Extreme Tomohon

Siapa yang tak mengenal Pasar Extreme Tomohon? Terkenal dengan berbagai daging ekstrem yang dijual, seperti ular piton, tikus, kelelawar, ular, anjing, hingga tikus.

Saat memasuki kawasan ini, bau anyir darah akan langsung menguar. Kalau kamu gak suka wisata ekstrem, sebaiknya tak datang ke sini, karena akan terlihat seperti kengerian.

Lokasi: Desa Paslaten Satu, Kecamatan Tomohon Timur, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 07.00-13.00 WITA

Harga: gratis

Wisata Hutan Pinus dan Pemandian Air Panas

Bau belerang yang menyengat tercium saat mendatangi lokasi ini. Gak hanya sekadar cantik dan sejuknya hutan pinus, kamu juga bisa melihat kolam lumpur dengan belerang.

Ada pula kolam yang dibuat khusus untuk berendam. Airnya yang hangat ternyata mengandung belerang, tetapi aman untuk kulit.

Lokasi: Jalan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 09.00-18.00 WITA

Harga: Rp20 ribu

Gunung Mahawu

Gunung Mahawu memiliki ketinggian sekitar 1.311 meter di atas permukaan laut. Tak terlalu tinggi, bukan? Gak heran kalau jadi gunung favorit para pendaki pemula.

Waktu terbaik untuk memulai pendakian, yakni pukul 07.00 WITA, supaya udara gak terlalu panas saat mencapai kawah. Kamu hanya perlu waktu satu jam untuk mencapai puncaknya, lho!

Lokasi: Jalan Raya Tomohon-Rurukan, Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara

Jam operasional: 24 jam

Harga: seikhlasnya

Danau Linow

Danau Linow terbentuk dari letusan gunung sekitar 500 tahun lamanya. Berada di antara Gunung Lokon dan Gunung Mahawu, udaranya terasa sangat sejuk.

Ciri khas danau ini, yakni bisa menampilkan tiga warna berbeda, dari hijau, biru, hingga kuning kecokelatan. Perubahan warnanya dipengaruhi sinar matahari dan belerang dari dasar danau.

Lokasi: Desa Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 08.00-17.00 WITA

Harga: Rp25 ribu

Vihara Buddhayana

Bangunan vihara ini sudah ada sejak tahun 1980-an, tetapi baru diresmikan pada tahun 2009. Di kompleks vihara, kamu bisa melihat 18 patung lohan yang menunjukkan 18 karakter pendosa.

Ada pula Istana Dewi Kwan Im yang dilengkapi patung Buddha berukuran besar. Gak hanya itu, kamu bisa melihat cantiknya Pagoda Ekayana dengan 8 tingkatnya.

Lokasi: Jalan Sungen, Desa Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 08.00-17.00 WITA

Harga: seikhlasnya

Valentine Hills

Untuk pencinta foto, wajib banget mampir ke Valentine Hills. Kamu akan menemukan banyak spot foto romantis, mulai dari ayunan, bentuk hati, sayap, hingga gardu pandang.

Terdapat pula live music yang bikin suasana makin romantis saat akhir pekan. Pemandangan Gunung Lokon yang cantik pun terlihat dari sini, lho.

Lokasi: Desa Woloan Dua, Kecamatan Tomohon Barat, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp15 ribu

Puncak Rurukan

Saat mengunjungi Puncak Rurukan, kamu akan melihat hamparan perkebunan sayur yang cantik. Dilengkapi kebun bunga yang gak kalah menawan.

Selain itu, udaranya yang sejuk pun bikin suasana lebih menenangkan. Fasilitasnya sudah cukup lengkap, ada toilet, penginapan, hingga tempat makan.

Lokasi: Desa Rurukan Satu, Kecamatan Tomohon Timur, Tomohon, Sulawesi Utara

Jam operasional: 08.00-18.00 WITA

Harga: Rp5.000

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Tomohon yang menawan untuk inspirasi liburanmu selanjutnya. Wisata mana yang paling pengin kamu kunjungi duluan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *