Categories
Recreation

Spot Wisata yang Dekat dengan Gunung Merapi

Spot Wisata yang Dekat dengan Gunung Merapi, Gak Perlu Mendaki

Spot Wisata yang Dekat dengan Gunung Merapi – Sudah mendekati akhir pekan nih, kamu sudah punya rencana untuk menikmati akhir pekan yang asyik? Jika belum, Jogja punya banyak tempat untuk kamu menikmati libur akhir pekan lho.

Gunung Merapi berada di antara Yogyakarta dan Jawa Tengah ini menjadi favorit para wisatawan. Untuk menikmatinya, kamu gak harus mendaki, kok. Kamu juga bisa Daftar Live22 menikmati Gunung Merapi dari jarak yang cukup dekat.

Caranya dengan mendatangi beberapa spot wisata dekat Gunung Merapi. Penasaran spot wisatanya di mana saja? Yuk, simak daftar lokasinya berikut ini!

Air Terjun Kedung Kayang

Gak terlalu dekat dengan Merapi, tapi kamu akan menikmati pemandangan yang menyejukkan mata. Air Terjun Kedung Kayang ini berada di Jalan Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Untuk menikmati keindahan Gunung Merapi dan air terjun, terdapat gardu pandang yang bisa kamu manfaatkan. Kamu harus menyeberangi sungai dengan ekstra hati-hati untuk mencapainya. Jangan lupa siapkan uang Rp 4.000 sebagai tiket masuknya.

Kali Talang

Lokasinya di ketinggian sekitar 1.160 meter di atas permukaan laut, sehingga puncak dan kawah Merapi terlihat sangat dekat.  Kali Talang berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Aksesnya sudah cukup mudah. Dari Kota Klaten, jaraknya sekitar 31 kilometer. Kamu bisa menempuh rute termudahnya melalui Kecamatan Manisrenggo. Tiket masuknya Rp5.000.

Kalikuning Park

Mulai dibuka untuk umum pada Februari 2017, spot wisata satu ini bisa kamu kunjungi di Jalan Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Di Kalikuning Park, kamu bisa melihat beragam pohon, seperti pinus, rasamala, tanaman kantung semar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jangan lupa berfoto dengan latar Gunung Merapi di Jembatan Kalikuning yang Instagramable ini ya. Siapkan uang sekitar Rp10 ribu per orang dan parkir Rp2.000 untuk mengunjunginya.

Ketep Pass

Nah, kalau spot ini memang paling pas untuk menikmati Gunung Merapi lebih dekat dan puas. Ketep Pass berada di kawasan Bukit Sawangan dengan ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut.

Spot wisata yang berada di antara Gunung Merapi dan Merbabu ini memiliki banyak gazebo untuk bersantai. Lokasinya berada di Jalan Blabak-Boyolali KM. 16, Ketep Pass, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Tiket masuknya hanya Rp12 ribu.

Bunker Kaliadem

Spot wisata satu ini cukup populer karena keindahan panorama yang ditawarkan. Selain seolah-olah berada sangat dekat dengan Merapi, Bunker Kaliadem juga punya sarat sejarah.

Bunker Kaliadem menjadi saksi bisu erupsi Merapi pada tahun 2006. Kamu bisa ikut lava tour dengan naik mobil Jeep untuk menikmati beberapa spot wisata lainnya. Berada di Kinahrejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, tempat ini menawarkan banyak spot wisata yang menarik.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata dekat Gunung Merapi yang bisa jadi jujugan liburanmu selanjutnya. Jadi mau ke mana dulu, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *