Categories
Recreation

Destinasi Wisata Keluarga di Medan

Destinasi Wisata Keluarga di Medan yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

Destinasi Wisata Keluarga di Medan – Dikenal sebagai kota multietnis dengan keragaman latar belakang suku, agama dan budayanya, Medan menjelma menjadi sebuah destinasi wisata yang menawarkan sejuta atraksi menarik.

Kota Medan terkenal memiliki banyak tempat wisata. Medan sendiri kota terbesar ketiga di Indonesia, kedua setelah Jakarta dan Surabaya. Kota yang terletak #DiIndonesiaAja ini memiliki suku, etnis, dan budaya yang beragam, antara lain Batak, Melayu, Jawa, Tionghoa, dan lainnya. Tidak hanya kaya akan keanekaragaman budaya, tetapi juga memiliki potensi wisata yang cukup besar.

Nah, selain mengunjungi Danau Toba dan bertualang ke Pulau Samosir, kamu juga bisa Download Aplikasi IDN Poker menjelajahi tempat-tempat #WonderfulIndonesia lainnya di Medan. Apa saja objek wisatanya?

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery merupakan museum unik di Medan dengan sederet spesies hewan yang terawat baik. Ribuan koleksi hewan taksonomi yang terpelihara dengan baik terlihat seperti aslinya di habitat aslinya.

Museum ini didirikan pada 14 Mei 1991. Sebagai museum taksonomi pertama dan satu-satunya di dunia, pengunjung dapat melihat berbagai macam hewan dari seluruh dunia.

Karena menjadi museum taksonomi pertama dan satu-satunya, tentu tidak ada salahnya mengajak keluarga berwisata ke sini untuk melihat hewan-hewan yang sudah punah namun masih disimpan dalam bentuk asli utuhnya, sayang kalau dilewatkan begitu saja!

Kampung Ladang Outbond

Kampung Ladang Outbond merupakan salah satu pusat rekreasi outbond yang berada di Kabupaten Deli Serdang. Tempat ini juga menyediakan spot fotografi dekoratif untuk foto prewedding. Menyuguhkan suasana alam pedesaan yang agak asri, tempat wisata ini sangat cocok sebagai pusat hiburan keluarga dan kegiatan perkantoran.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana outbond yang menarik. Selain itu, terdapat spot fotografi romantis yang biasa digunakan untuk foto prewedding.

Jika pergi ke museum bersama keluarga sudah dilakukan, saatnya rekreasi santai di sini menikmati pemandangan alam. Luasnya lahan dan banyaknya tempat bermain anak-anak membuat kawasan ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga.

Istana Maimun

Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu lambang Kota Medan, Sumatera Utara, terletak di Jalan Aur Brigadir Jenderal Katamso, Maimun, Medan. Didesain oleh kapten Theodoor van Erp yang merupakan prajurit Belanda yang dibangun atas perintah Sultan Ma’moen Al Rasyid.

Pembangunan istana dimulai pada 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimon memiliki luas 2.772 meter persegi dan memiliki 30 kamar.

Istana Maimun terdiri dari dua lantai dan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri, dan bangunan sayap kanan. Bangunan keraton menghadap ke utara dan di sisi depan adalah Masjid Al-Mashun atau lebih dikenal dengan Masjid Agung Medan (Masjid Agung Medan).

Mengajak keluarga ke sini tentu selain wisata religi, bisa sekalian mempelajari sejarah lampau kota Medan yang tentunya bisa menjadi momen menyenangkan bersama keluarga.

Gedung Arca

Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara atau biasanya dikenal dengan nama Gedung Arca, berlokasi di Jalan H.M. Joni No. 15, Medan yang berjarak sekitar 3 km dari Bandara Polonia, 25 km dari pelabuhan laut Belawan, dan sekitar 3 km dari pusat pemerintahan kantor gubernur Sumatera Utara.

Museum negeri ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Daoed Yoesoef, pada tanggal 19 April 1982, di mana peletakan koleksi pertama di dalam gedung dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno pada tahun 1954. Koleksi yang diletakkan berupa makara, maka dari itu museum ini dikenal dengan nama Gedung Arca.

Belajar sejarah bersama keluarga tak pernah seasik ini sebelumnya. Koleksi makara dan arca di museum ini sangat banyak dan menyimpan banyak kisah. Mengajak keluarga berwisata ke sini tentu akan menjadi momen yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Kuil Shri Mariamman

Kuil Shri Mariamman merupakan candi Hindu tertua di Petisah Tengah, Petisah, Medan. Kuil ini dibangun pada tahun 1881 untuk memuja dewi Mariaman. Pura ini terletak di daerah yang disebut Kampung Madras. Kuil ini memiliki lima dewa, Dewa Shri Vinayagar, Shri Murugan, dan Dewi Shri Mariamman (Dalga berbentuk Kali), dan dikelola oleh Lila Marimutu, salah satu pemilik perusahaan besar Texmaco.

Gerbang tersebut dihiasi dengan gopuram, sebuah menara bertingkat yang biasanya dapat ditemukan di gerbang kuil Hindu di India Selatan, atau di beberapa jenis gapura. Selama Deepavali dan Thaipusam, kuil ini biasanya dipenuhi umat Hindu.

Tak hanya wisata religi, tapi mengajak keluarga ke sini juga bisa mengajarkan kita akan kebudayaan dari daerah lain, salah satunya kuil Hindu yang terinspirasi dari India. Tentunya ini akan menjadi momen belajar bersama keluarga yang tak akan terlupakan!

Itulah lima tempat wisata di Medan yang rasanya sayang sekali kalau kamu lewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *