Kategori
Masyarakat

Fakta Menarik Oden Si Menu Andalan Masyarakat Jepang di Musim Dingin

Fakta Menarik Oden Si Menu Andalan Masyarakat Jepang di Musim Dingin

Fakta Menarik Oden Si Menu Andalan Masyarakat Jepang di Musim Dingin – Oden adalah masakan Jepang yang didalamnya terdapat berbagai bahan yang direbus di dalam kuah, antara lain dibuat dari katsuobushi, kombu, dan kecap asin. Bahan-bahan yang dimasukkan bisa beraneka ragam, dan tidak terbatas pada lobak, konnyaku, telur rebus, chikuwa, dan chikuwabu

Tak hanya menyimpan banyak budaya dan tempat wisata yang menarik dikunjungi, Negeri Sakura Jepang juga menyimpan banyak kuliner dengan rasa yang enak dan pastinya berbeda dengan kuliner dari negara-negara lain. Sebut saja yakiniku, ramen, udon, sushi, takoyaki, dan lain sebagainya. Selain itu Jepang juga terkenal dengan makanan tradisional yang menyesuaikan dengan kebudayaan mereka, salah satunya adalah oden.

Makanan yang satu ini mungkin masih sedikit asing bagi masyarakat umum di Indonesia. Meskipun begitu, olahan rebusan ini memiliki nilai sejarah dan budaya tersendiri bagi masyarakat Jepang, lho. Penasaran apa saja fakta menarik dari IDNPlay APK 2.1.0 oden? Yuk simak artikel yang satu ini!

1. Asal-usul lahirnya oden
5 Fakta Menarik Oden, Menu Andalan Masyarakat Jepang di Musim Dingin

Ada banyak versi yang menceritakan soal asal-usul oden. Salah satu yang populer adalah yang menceritakan bahwa oden awalnya muncul pada abad ke 18 pada Zaman Edo dengan nama nameshi-ya. Hidangan tersebut merupakan sajian olahan nasi yang dicampur dengan miso dengaku yang terbuat dari konnyaku (jeli khas Jepang) dan sayuran yang dicincang.

Lambat laun olahan tersebut mulai berubah seiring dengan mulai populernya kecap shoyu. Oden yang awalnya disajikan tanpa kuah, perlahan mulai dicampurkan dengan kecap shoyu dan beberapa bahan lain untuk direbus dalam satu kaldu yang sama.

Dari situ, oden kemudian mendapatkan kepopulerannya hingga hari ini karena cita rasa dan kehangatan yang sangat cocok disantap pada saat musim dingin.

Tak hanya itu, beberapa daerah di Jepang juga punya resep atau bahan yang berbeda untuk makanan ini. Misalnya di Shizuoka menambahkan potongan daging, hanpen, bahkan lidah paus!

2. Isian dan kuah pada oden sebenarnya sangat bervariasi
5 Fakta Menarik Oden, Menu Andalan Masyarakat Jepang di Musim Dingin

Seperti yang telah di sebutkan di atas, variasi dari isian oden beragam. Bahkan, bisa jadi antar daerah di Jepang punya isian odennya sendiri yang berbeda dengan daerah lain dan cenderung tidak di batasi soal ragam variasinya. Akan tetapi, secara umum ada beberapa isian yang selalu ada dalam penyajian oden.

Isian tersebut antara lain: daikon (lobak), tamago (telur), konnyakushirataki (sejenis konnyaku, tapi berbentuk seperti mie), chikuwa, nerimono, hanpen, kinchaku, hingga potongan gurita.

Di balik variasi isian udon tersebut, pembeli bisa dengan bebas menentukan isian yang di inginkan dalam udon mereka.

3. Proses pembuatan kuah yang unik
5 Fakta Menarik Oden, Menu Andalan Masyarakat Jepang di Musim Dingin

Selain cita rasa dari isiannya yang beragam, kuah kaldu dalam oden juga jadi salah satu elemen penting dalam masakan ini. Tak seperti kebanyakan kuah kaldu makanan lain yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi, kuah kaldu pada oden justru terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari laut.

Bahan-bahan yang di perlukan untuk kuah kaldu oden adalah konbu (sejenis rumput laut) kering, bonito flakes (potongan ikan cakalang), mirin, kecap asin, kecap manis, dan sedikit gula. Seluruh bahan tersebut di campur dan di didihkan, baru kemudian isian dari oden di campur dengan kuah kaldu tersebut.

4. Tempat penjual yang sangat khas dan mudah di kenali
5 Fakta Menarik Oden, Menu Andalan Masyarakat Jepang di Musim Dingin

Salah satu bukti kepopuleran oden adalah kemudahan pembeli untuk menemukan makanan yang satu ini. Awalnya oden memang hanya di jual oleh pedagang kaki lima di Jepang. Akan tetapi, lambat laun masyarakat dapat memperoleh makanan ini hampir di manapun.

Selain di pedagang kaki lima, oden dapat dengan mudah di temui di konbini (toserba) dalam keadaan hangat, restoran-restoran mewah, bahkan hingga oden dalam kemasan kaleng! Harganya pun bervariasi mulai dari yang terjangkau hingga yang cukup mahal sehingga pembeli tidak perlu pusing-pusing lagi untuk memikirkan dimana harus membeli makanan yang satu ini.

5. Oden dapat menyehatkan tubuh dan bebas lemak, lho!
5 Fakta Menarik Oden, Menu Andalan Masyarakat Jepang di Musim Dingin

Oden di buat dengan cara di rebus tanpa campuran minyak sama sekali. Campuran kuah kaldunya sangat ringan dan di padukan oleh ragam macam isian yang terdiri dari sayur-sayuran maupun olahan ikan.

Sebagai contoh, salah satu isian dari oden, yaitu shirataki mampu untuk membantu pencernaan, penyerapan kalsium, hingga menurunkan kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Hal tersebut belum di tambah berbagai olahan ikan yang tentunya banyak mengandung protein. Sudah nikmat, bergizi pula!

Itu dia kelima fakta menarik dari oden, makanan tradisional Jepang yang sangat populer kala musim dingin datang. Tentunya olahan yang satu ini wajib untuk kamu coba jika berkunjung ke Negeri Sakura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *